FREE UPDATE

Daftar di sini untuk mendapatkan update dan informasi BERMANFAAT dari Blog Kajian Bisnis

Pengalaman Pribadi Mengelola Toko Online di Shopee

Pengalaman pribadi mengelola toko online di Shopee.

Siapa yang tidak mengenal Shopee? Satu marketplace yang membesar dan sering kita lihat iklannya, baik di media elektronik dan media sosial. Barangkali dari anda sekalian yang membaca artikel ini sudah sangat terbiasa untuk membeli barang keperluannya melalui aplikasi Shopee.

Saya termasuk salah satu yang memanfaatkan Shopee, baik dalam mengelola toko online di Shopee untuk bisnis sendiri, atau saat mau membeli barang tertentu. Sudah sangat sering saya dan istri membeli barang lewat Shopee.

Kali ini saya coba membagikan pengalaman pribadi mengelola toko online di Shopee. Semoga ada manfaatnya bagi pembaca setia Blog Kajian Bisnis.

 

pengalaman pribadi mengelola toko online di shopee
pengalaman pribadi mengelola toko online di shopee

 

Pengalaman Pribadi Mengelola Toko Online di Shopee

Bagi teman-teman yang mau memulai bisnis online, salah satu channel penjualan yang bisa dipilih ialah menggunakan marketplace.

Mengapa? Salah satu faktornya ialah membangun faktor kepercayaan dari konsumen, seperti yang pernah saya share pada artikel mengenai membuka toko di marketplace.

Nah, Shopee bisa jadi salah satu opsi yang baik sebagai channel penjualan produk anda. Mengapa sebaiknya anda mulai mempertimbangkan Shopee? Saya akan coba share pengalaman pribadi mengelola toko online di Shopee.

Faktor Kemudahan dan Gratis

Faktor pertama yang saya sukai dari proses mengelola toko online di Shopee ialah faktor mudah dan gratis. Mulai dari proses download dan install aplikasi Shopee di Playstore, hingga proses registrasi akun di Shopee. Semuanya mudah, semuanya gratis.

Setelah registrasi akun di Shopee, maka mulailah untuk mengelola toko online di Shopee dengan lebih baik. Sebagai penjual atau pemilik toko, anda bisa mengisi toko online anda di Shopee dengan produk yang anda miliki. Untuk menata produk yang anda miliki, anda bisa atur melalui link Seller Shopee.

Di dalamnya anda bisa mengisi informasi mengenai toko anda, upload foto produk, mengisikan deskripsi jelas mengenai produk yang anda miliki, mengatur kategori produk dan lain sebagainya.

Mudah, saat proses operasionalnya, anda bisa mengelola toko online anda di Shopee cukup melalui smartphone yang anda miliki.

Mulai dari melayani pertanyaan konsumen, update informasi terbaru dari Shopee, menerima order baru di toko anda hingga memasukkan nomor resi paket pesanan. Semua bisa anda lakukan lewat smartphone. Sangat mudah.

Promo yang Sangat Bermacam-Macam

Faktor berikutnya yang menjadi favorit saya saat berjualan dan mengelola toko online di Shopee ialah banyak promo yang diadakan. Satu promo yang sangat identik dengan Shopee ialah promo subsidi ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Bahkan subsidi ongkos kirim yang diberikan Shopee pada konsumen maksimal sampai Rp 40.000.

Sebagai penjual, tentu hal ini bisa saya manfaatkan untuk meningkatkan penjualan dari toko online yang saya kelola di Shopee. Ya, kesempatan besar bagi toko online saya untuk mendapatkan konsumen dari lokasi kota yang jauh dari Bandung.

Dengan subsidi ongkos kirim yang besar, akan sangat menarik bagi konsumen dari berbagai lokasi di Indonesia untuk berbelanja.

Konsumen cukup berbelanja sesuai minimum pembelian yang ditetapkan Shopee dan otomatis akan mendapatkan subsidi ongkos kirim untuk pesanannya.

Selain promo subsidi ongkos kirim, Shopee juga mengadakan berbagai macam promo. Banyaknya promo ini akan sangat mendukung untuk meningkatkan nilai transaksi yang terjadi di Shopee.

Tentu sebagai penjual yang mengelola toko online di Shopee, saya harus pintar-pintar menempatkan diri dan meng-update informasi. Promo apa saja yang masih terkait dengan toko online saya, lalu bagaimana saya bisa memanfaatkan promo tersebut untuk meningkatkan orderan toko online saya di Shopee.

Mengelola Toko Online di Shopee

Fitur Shopee yang Mendukung Proses Berjualan

Faktor selanjutnya yang saya sukai saat berjualan dan mengelola toko online di Shopee ialah banyaknya fitur yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan penjualan. Fitur ini sangat tepat dan saya butuhkan.

Fitur yang bisa dimanfaatkan ini ada yang gratis dan ada juga fitur yang berbayar. Contoh fitur-fitur yang bisa anda maksimalkan ialah sebagai berikut:

Fitur PUSH

Pada fitur ini, Shopee memberikan jatah bagi setiap toko untuk “menaikkan” dan mempromosikan produknya untuk naik ke halaman pencarian produk Shopee setiap 4 jam. Setiap toko diberi jatah 5 produk tiap sekali push.

Jadi tiap 4 jam anda punya kesempatan untuk menaikkan produk unggulan anda supaya lebih mudah dicari oleh konsumen di halaman pencarian Shopee. Lakukan dengan rutin, supaya anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan order baru.

Fitur Chatting

Fitur berikutnya yang bisa membantu saat saya mengelola toko online di Shopee ialah adanya fitur chatting. Ya, kita bisa berkomunikasi secara personal dengan konsumen yang membutuhkan informasi lebih detail melalui fitur chatting.

Selain itu, anda bisa menambahkan fitur auto reply sebagai sapaan awal bagi konsumen yang menghubungi anda pertama kali. Anda bisa lakukan setting di area Seller Shopee ya.

Laporan Performa Toko

Fitur ini diberikan Shopee secara gratis bagi tiap penjual di Shopee. Anda akan mendapatkan laporan performa toko yang anda kelola dalam jangka waktu tertentu.

Dari fitur ini, kita bisa melihat perkembangan toko dari waktu ke waktu. Selain itu, jadi bahan analisa untuk mengembangkan toko pada waktu mendatang.

Contoh laporan performa toko yang diberikan Shopee ialah sebagai berikut:

laporan performa toko Shopee
laporan performa toko Shopee

 

laporan performa toko Shopee
laporan performa toko Shopee

 

Fitur Marketing Centre

Bagian menarik selanjutnya ialah area marketing centre di Shopee. Anda bisa mengaksesnya melalui dashboard Seller Shopee. Dalam mengelola toko online di Shopee, area ini bisa sangat berguna dan anda maksimalkan untuk meningkatkan penjualan di toko anda di Shopee.

Secara umum, area marketing centre di Shopee ada 4 fitur utama, yaitu sebagai berikut:

area marketing centre Shopee
area marketing centre Shopee

 

Fitur My Ads (iklan), fitur ini berbayar. Anda bisa mengiklankan produk di toko anda untuk mendapat hasil pencarian yang lebih tinggi dibandingkan produk lain. Sebelum mulai menjalankan iklan, anda bisa top-up saldo iklan Shopee.

Selanjutnya, anda bisa ikuti menu di dalam menu My Ads, mulai dari memilih produk yang akan diiklankan, menentukan kata kunci yang anda incar, biaya per klik hingga waktu penayangan iklan anda. Semuanya bisa anda lakukan di dalam menu My Ads. Setelah semua setting selesai, anda bisa mulai menjalankan iklan produk anda di Shopee.

 

Fitur My Discount Promotion. Fitur ini sangat membantu saat mengelola toko online di Shopee. Anda bisa membuat program diskon khusus pada produk tertentu. Misalkan, anda akan membuat program diskon dengan ketentuan sebagai berikut:

Produk A (produk yang ingin didiskon bisa kita tentukan)

Diskon 10 % (nominal diskon bisa kita tentukan sendiri)

Periode diskon dari tanggal 18 September hingga 25 September 2017 (jangka waktu tertentu)

 

Fitur My Campaigns

Pada waktu-waktu tertentu, Shopee akan mengadakan promo untuk kategori produk tertentu. Nah, jika kategori produk jualan kita sama dengan yang akan diadakan promo, Shopee akan mengajak toko online anda untuk berpartisipasi.

Anda tinggal merespon dan mengikuti program promo Shopee tersebut. Ajukan produk yang akan ikut promo, lalu tentukan nilai diskonnya.

Setelah itu, produk yang anda ajukan akan direview oleh pihak Shopee. Jika lolos, maka produk anda akan dipromosikan oleh Shopee bersama dengan produk lain yang masih berada di dalam satu kategori yang sama.

 

Fitur My Vouchers

Selanjutnya, fitur yang saya sukai saat mengelola toko online di Shopee ialah adanya fitur kupon / voucher diskon. Di dalam fitur ini, saya bisa membuat kupon voucher dengan kode khusus bagi konsumen. Settingan lain yang bisa anda lakukan pada kupon voucher ini juga sangat banyak.

Contohnya, jumlah kupon yang disediakan, kode kupon bisa ditentukan sendiri, periode berlakunya kode kupon bisa ditentukan, nominal diskonnya, varian produk yang didiskon (apakah semua produk di toko atau beberapa varian produk saja), minimal pembelanjaan, dan lain-lain.

Buat saya, pengaturan ini sangat fleksibel dan sangat membantu untuk mengelola toko online di Shopee. Langkah selanjutnya ialah bagaimana memadukan semua fitur yang disediakan Shopee dengan strategi toko online anda. Tujuan besarnya ialah supaya bisa menaikkan penjualan dan rating di toko online anda di Shopee.

Selain memaksimalkan fitur yang tersedia, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki performa toko online anda.

Tips pertama ialah jadilah toko yang ramah dan responsif, cepat dalam membalas chat dan komen dari pengguna lain yang berkunjung ke toko anda.

rangkuman performa respon toko shopee
rangkuman performa respon toko shopee

Tips berikutnya untuk mengoptimalkan saat mengelola toko online di Shopee ialah kecepatan anda saat memasukkan nomor resi pengiriman. Tentu konsumen akan jauh lebih senang dan menghargai jika pesanannya cepat dikirimkan.

Demikianlah beberapa faktor dan sharing cerita pengalaman pribadi mengelola toko online di Shopee. Semoga ada manfaat yang bisa anda ambil untuk kemajuan toko online anda. Sampai jumpa di kisah selanjutnya ^_^

LandingPress © 2018

Ready to Start?

Dapatkan rekomendasi dan update informasi bermanfaat dari saya, langsung ke email Anda

Blog Kajian Bisnis

Copyright 2017 | kajianbisnis.com

PRIVACY POLICY

TERMS AND CONDITIONS