Panduan Setting Awal untuk Toko Online di Shopee

Panduan Setting Awal untuk Toko Online di Shopee

Panduan Setting Awal untuk Toko Online di Shopee
Panduan Setting Awal untuk Toko Online di Shopee

Panduan setting awal untuk toko online di Shopee. Haloo para pengunjung setia Blog Kajian Bisnis. Apakah anda menjalankan bisnis online? Sudah punya toko online di Shopee?

Bagaimana panduan setting awal untuk toko online di Shopee yang gampang dipraktekkan?

Jika anda menjalankan bisnis online, alangkah baiknya jika Shopee menjadi salah satu channel pemasaran yang perlu anda miliki. Tentunya sebagai pendukung setelah anda memiliki website dan toko online sendiri.

Pada kesempatan kali ini, saya coba untuk mengulas mengenai panduan setting awal untuk toko online di Shopee. Kenali apa aja sih settingan yang harus anda lakukan sebelum mulai berjualan di Shopee.

Simak terus ya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Panduan Setting Awal untuk Toko Online di Shopee

Untuk melakukan pengaturan, syarat awalnya, tentu anda harus punya account toko online di Shopee. Belum bisa daftarnya? Mudah. Cara ringkasnya sebagai berikut:

  1. Cari aplikasi SHOPEE di Playstore atau Appstore;
  2. Install aplikasinya;
  3. Setelah terinstall, lakukan registrasi di dalam Platform Shopee.

Setelah registrasi selesai, anda bisa langsung login ke dashboard Shopee untuk memulai panduan setting awal untuk toko online di Shopee. Akan lebih nyaman saat anda login menggunakan laptop atau PC.

Login melalui Shopee Seller Centre.

Tampilan dashboard di dalam Shopee akan terlihat sebagai berikut:

setting toko online di shopee - tampilan seller centre
tampilan shopee seller centre

Bagi yang baru memulai bisnis online dengan berjualan melalui Shopee, tentu ada setting yang harus dilakukan supaya toko bisa tampil lebih baik. Kali ini saya akan coba mengulas panduan setting awal untuk toko online di Shopee ya.

Untuk selanjutnya, saya akan menyebut istilah Shopee Seller Centre menjadi dashboard Shopee, supaya lebih mudah.

Dari dashboard Shopee toko online anda, silakan klik SHOP SETTING (lingkaran paling kanan pada menu dashboard Shopee, cek pada foto tampilan di atas)

Dari shop setting, kita akan dibawa menuju detail menu yang harus anda siapkan untuk setting awal toko online anda di Shopee.

setting toko online di shopee - shop setting
menu shop setting shopee

Secara umum, panduan setting awal untuk toko online di shopee Ada TIGA bagian besar. Pilihan menu tersebut bisa anda temukan di dalam menu shop setting Shopee.

Seperti yang bisa anda lihat pada display foto di atas. Bagian tersebut ialah sebagai berikut:

SHOP

Bagian ini terdiri dari Shop Profile, My Shipping, My Address, Shop Rating, My Performance, dan Bank Account / Cards.

Panduan setting awal untuk toko online di shopee pada area ini, bagian yang perlu anda perhatikan ialah Shop Profile (profil toko), My Address (alamat toko), dan Bank Account (rekening bank yang anda miliki).

Untuk shop rating dan my performances tidak perlu diperhatikan dulu. Kedua bagian tersebut akan terlihat isinya saat toko anda sudah memiliki penjualan.

Konsumen yang akan memberikan rating pada toko online anda di Shopee, lalu sistem Shopee yang akan menghitung statistik performa toko anda. Jadi untuk awal, tidak perlu risau mengenai bagian ini.

Selanjutnya, panduan setting awal untuk toko online di Shopee pada area Shop Profile (profil toko), anda perlu menjelaskan deskripsi toko anda secara detail. Mulai dari foto profil toko, foto cover toko, dan deskripsi toko anda.

Pada deskripsi toko, anda bisa menjelaskan secara detail tentang produk yang anda jual di toko online Shopee anda. Berikan deskripsi yang jelas dan detail. Sebagai tambahan, Shopee menyediakan tambahan slot yang bisa diisi foto dan video dari Youtube.

Anda bisa mengisi maksimal sampai 5 foto atau 5 video mengenai produk yang anda jual.

Bagian berikutnya dari panduan setting awal untuk toko online di Shopee setelah Shop Profile ialah mengisi jasa pengiriman apa saja yang anda gunakan saat transaksi di Shopee.

setting toko online di shopee - pilihan jasa pengiriman
pilihan jasa pengiriman di shopee

Ada pilihan Go Send dari Gojek, JNE reguler, JNE OKE,  J&T Express, dan POS Indonesia. Anda bisa mengaktifkan salah satunya saja hingga mengaktifkan semua pilihan kurir sekaligus.

Lalu, pada bagian my address, anda bisa mengisi alamat rumah atau alamat toko online anda. Pada menu, akan ada pilihan default address dan pickup address (perhatikan gambar berikut ini)

setting toko online di shopee - alamat 1
setting alamat toko di shopee

Anda tinggal klik untuk menambahkan info alamat. Isikan secara detail dan jelas ya. Data alamat yang perlu anda lengkapi sebagai berikut:

setting toko online di shopee - alamat 2
setting alamat toko online di shopee

Setelah anda lengkapi alamat toko atau alamat rumah anda sesuai form di atas, anda bisa klik pilihan berikut ini:

Set As Default Address dan Set As Pickup Address

Jika alamat anda sama dengan alamat untuk pengiriman, maka anda bisa centang kedua opsi tersebut. Hal ini perlu anda lakukan karena akan menjadi acuan Shopee untuk menghitung ongkos kirim yang berlaku pada toko online anda di Shopee.

Menu selanjutnya yang perlu anda lengkapi ialah mengisi data nomor rekening Bank yang anda gunakan untuk transaksi di Shopee.

setting toko online di shopee - rekening bank 2
tambah rekening bank di shopee

Pembayaran dari konsumen di Shopee tidak langsung dibayarkan ke penjual, akan tetapi disimpan dulu ke rekening bersama dari Shopee. Setelah pesanan konsumen dikirimkan oleh penjual dan diterima dengan baik, baru pembayaran akan diteruskan Shopee kepada penjual ke dalam Dompet Shopee.

Dari dompet Shopee tersebut, penjual bisa mencairkan dananya ke rekening bank pribadinya.

Jadi saat mengisi data nomor rekening dan informasi lainnya, pastikan diisi dengan benar ya, supaya saat pencairan dana berjalan lancar. Tidak nyasar atau tersangkut karena salah pengetikan nomor atau nama.

Berikut ini data rekening bank yang harus diisikan di Shopee:

setting toko online di shopee - rekening bank
info rekening bank di shopee

Panduan Setting Awal untuk Toko Online di Shopee dengan Mudah

SETTING

Panduan setting awal untuk toko online di shopee berikutnya ialah menu SETTING. Bagian ini terdiri dari Shop Settings, Privacy Settings, Chat Settings, dan Notification Settings. Empat bagian ini sebaiknya anda lakukan setting sesuai keinginan anda.

Menu shop setting ini untuk menentukan apakah produk jualan anda bisa ditawar atau harganya sudah pas.

setting toko online di shopee - shop setting negosiasi
pengaturan fitur negosiasi call dan liburan di shopee

Dan ada pengaturan vacation mode. Jika anda aktifkan, maka toko online shopee anda akan otomatis tutup sementara sesuai pengaturan anda. Hal ini berguna jika anda tidak bisa mengelola toko online Shopee anda dalam jangka waktu tertentu karena ada keperluan lain.

Pengaturan berikutnya yang perlu diperhatikan dalam panduan setting awal untuk toko online di Shopee ialah privacy setting. Tampilannya sebagai berikut:

setting toko online di shopee - privacy setting
setting privasi di shopee

Pada privacy setting ini anda bisa menentukan apakah aktivitas yang anda lakukan di Shopee mau terlihat orang lain di feed (setting publik) atau dibuat tersembunyi (setting privat).

Anda tinggal pilih sesuai yang anda inginkan.

Lanjut yaa..

Pengaturan berikutnya tentang panduan setting awal untuk toko online di Shopee ialah chat setting. Tampilannya sebagai berikut

setting toko online di shopee - chat setting
chat setting di shopee

Pada bagian ini termasuk bagian yang seru untuk pengaturan karena ada fitur auto reply untuk chat. Jadi fungsinya bisa digunakan untuk ucapan selamat datang dari toko shopee anda kepada konsumen yang chatting di Shopee.

Anda bisa berkreasi untuk membuat sapaan selamat datang di toko anda.

Salah satu contoh ucapan selamat datang di toko Shopee misalnya sebagai berikut:

Halooo..

Selamat datang di toko kami.

Semua produk READY STOCK yaa. Jadi anda bisa langsung pesan produk yang anda inginkan.

 

Terimakasih banyak ^_^

Bagian menu berikutnya sebagai panduan setting awal untuk toko online di Shopee ialah notification setting. Menu ini terdiri atas dua bagian, yaitu email notification dan push notification. Tampilan menunya ialah sebagai berikut:

setting toko online di shopee - email setting
pengaturan email notifikasi di shopee

Email notifikasi ini akan menentukan info apa saja yang ingin dikirimkan dari Shopee ke email anda. Anda bisa memilih sesuai keinginan dan skala prioritas. Jika menurut anda semuanya penting, tinggal ceklis menu yang ada di bagian email notifikasi.

Sedangkan bagian push notification tampilannya sebagai berikut:

setting toko online di shopee - push notifikasi
pengaturan push notifikasi di shopee

Pada bagian ini mengatur notifikasi apa yang akan muncul pada aplikasi Shopee di smartphone anda. Pilihan menunya terdiri dari update pesanan, info follower baru dan komentar, info produk yang stoknya habis, update dompet Shopee, Chatting dengan konsumen, dan lain-lain.

Jika menurut anda perlu, anda tinggal mengaktifkan opsi yang ada pada area ini.

ACCOUNT

Pada bagian ini terdiri dari info detail mengenai data pribadi yang diperlukan untuk kelengkapan dan verifikasi data Shopee.

Anda bisa mengatur data pribadi anda pada bagian ini.

Yap, selesai sudah penjelasan singkat mengenai panduan setting awal untuk toko online di Shopee. Pastikan anda mengikuti langkah-langkah ini ya.

Semoga jualan anda laris manis. Amiin.

Saya sempat berbagi mengenai pengalaman pribadi saat berjualan di Shopee. Semoga berkenan berkunjung dan membaca ya.

Jika dirasa tulisan mengenai panduan setting awal untuk toko online di Shopee ini bermanfaat, mohon berkenan untuk share / membagikan tulisan ini ke teman yang lain ya. Supaya manfaatnya lebih dirasakan oleh banyak orang.

Terimakasih banyak ^_^

 

Regards,

-Anton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *