Buku The Book of SEO: Panduan Mudah untuk Praktek Ilmu SEO

Buku The Book of SEO: Panduan Mudah untuk Praktek Ilmu SEO

Tadinya saya mau membuat tulisan mengenai buku Creator .Inc , tetapi saya malah tertambat untuk membaca buku ini. Jadilah saya asyik membaca sampai habis buku The Book of SEO.

Next, saya akan coba ulas mengenai buku Creator .Inc di Blog Kajian Bisnis. Stay tune terus ya ^_^

Buku The book of SEO judulnya. Ditulis oleh Rianto Astono. Desain bukunya asyik, warna hitam dan putih. Seperti tim sepakbola favorit saya, Juventus FC. Sobat tifosinya juga? Toss dulu deh.

Penulis buku ini, Pak Rianto Astono mencoba memaparkan ilmu SEO dengan bahasa yang sangat sederhana dan mudah dipahami. Jika sebelumnya sobat semua khawatir dengan bahasa planet dan yang ribet mengenai SEO, tenang saja. Gaya bahasanya sudah disederhanakan oleh penulis supaya mudah dimengerti.

Kita mulai ya bahasannya ^_^

Buku the book of SEO panduan mudah untuk praktek ilmu SEO
Buku the book of SEO panduan mudah untuk praktek ilmu SEO

SEO jadi salah satu materi yang saya pelajari dan praktekkan dalam bisnis online yang saya kerjakan. Capek di awal, tetapi akan lebih awet untuk menunjang perjalanan bisnis dalam jangka panjang.

Faktor tersebut juga disebutkan oleh penulis di dalam buku The Book of SEO sebagai salah satu keunggulan SEO, yaitu awet untuk jangka panjang dan relatif lebih murah biayanya.

Buku The Book of SEO: Panduan Mudah untuk Praktek Ilmu SEO

Dalam buku the Book of SEO terdiri dari 4 bab besar, yaitu pembahasan mengenai insight SEO, hal-hal pendukung onpage SEO, offpage SEO, dan faktor lain yang perlu dipahami mengenai SEO.

Sejak dulu saya mencari materi SEO yang terstruktur dan bisa dipelajari dalam bentuk buku. Sampai akhirnya bertemu dengan buku The Book of SEO. Jujur, pengetahuan saya juga masih sangat dangkal, mudah lupa. Jadi saya perlu proses membaca dan mengulangi kembali materi yang pernah saya pelajari.

Saat saya mulai membaca, ternyata asyik banget.

Paparan penulis mengenai ilmu SEO di buku The Book of SEO sangat jauh dari kesan rumit. Tidak juga menggunakan bahasa tingkat dewa, jadi mudah saya pahami.

Tujuan saya menggunakan SEO ini ialah sebagai pondasi bisnis online yang saya rintis. Apa sih kunci utama bisnis online (menurut saya) ?

Menurut saya, bisnis online harus punya traffic. Istilah lainnya ialah visitor atau pengunjung. Dari visitor atau pengunjung itu, akan bisa diubah menjadi calon konsumen hingga closing dan terjadi penjualan.

Lalu mengapa menggunakan Google?

Dikutip dari buku the Book of SEO, disebutkan bahwa Google menguasai market share sebagai mesin pencari sebesar 80,52 % (data bulan Maret 2017).

Dari kue yang sangat besar ini, sudah sewajarnya jika kita memprioritaskan untuk mengikuti sistem yang berlaku di mesin pencari Google.

Harapannya, traffic dan visitor website anda akan lebih baik yang akan diikuti dengan membesarnya order dan penjualan toko online yang sobat kelola.

Di sinilah peran penting memiliki website sendiri dalam mengelola bisnis online. Sobat hanya bisa mengoptimalkan ilmu SEO jika sudah memiliki website.

Tidak bergantung kepada social media seperti instagram dan facebook. Tidak juga menggantungkan traffic melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, ataupun Bukalapak.

Oya, saya sempat menulis mengenai berjualan di Shopee. Jika sobat juga mengelola toko online di Shopee, ada baiknya dibaca. Mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diterapkan ke bisnis online sobat.

Lanjut ya…

Apa sih pengertian SEO secara mudahnya?

SEO ialah singkatan dari Search Engine Optimization. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai optimasi mesin pencari.

Bisa dimaknai dengan rangkaian cara atau metode supaya website muncul di pencarian Google pada halaman pertama di kata kunci yang diinginkan. Bisa berupa jasa, produk ataupun kata kunci lain yang menjadi incaran.

Dengan berada di halaman pertama Google, peluang mendapat kunjungan atau visitor dari hasil pencarian orang di Google akan semakin besar.

Lalu, mengapa harus menggunakan SEO?

Karena SEO kuenya sangat besar. Penulis membandingkan optimasi yang dilakukan menggunakan SEO dengan iklan Facebook. Konversi melalui traffic murni dari SEO jauh lebih besar dibandingkan iklan Facebook.

Selain itu, faktor lain yang menyebutkan bahwa Google sangat mendominasi mesin pencari juga menjadi salah satu faktor. Hampir 80% pengguna internet menggunakan Google untuk mencari informasi.

Ditambah lagi, biasanya sobat tidak akan berhenti mencari pada satu halaman Google saja, kan? Dari data yang disodorkan penulis, rata-rata tiap orang akan membuka 8 halaman Google setiap kali menggunakan mesin pencari Google, baik disadari atau tidak..!! ^_^

Apa saja Modal SEO?

Masih banyak stigma atau anggapan sempit yang menyebutkan bahwa SEO itu gratis. Di dunia ini mana ada yang gratis, kencing saja bayar.

Demikian pula dalam mengerjakan SEO. Sobat akan jauh lebih memahami bahwa SEO itu memerlukan modal dan biaya. Akan tetapi, jika dikomparasi dengan yang lain, modal untuk mengerjakan website dan SEO akan jauh lebih terjangkau (dalam jangka panjang).

Apa saja modal yang diperlukan saat mengerjakan website dan SEO? Modal awal yang diperlukan diantaranya ialah modal untuk membeli domain dan hosting. Di samping modal berupa uang, modal lainnya yang diperlukan bisa berupa waktu dan tenaga.

Berapa harga domain dan hosting? Bervariasi, tergantun penyedia domain dan hostingnya.

Rata-rata berada di kisaran Rp 100.000-an untuk domain dan ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk hosting, mulai dari shared hosting yang kecil hingga hosting berukuran besar.

Hasil SEO ini tidak akan bisa terlihat dalam waktu singkat. Bahkan memerlukan waktu dalam hitungan bulan hingga tahunan untuk menampakkan hasil yang mantap. Sobat memerlukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk mengelola website secara baik, baik dalam konten, pemeliharaan website, dan keperluan optimasi lainnya.

Jadi, hilangkan anggapan bahwa mengerjakan ilmu SEO itu gratis. Akur ya? ^_^

Penjelasan ini bisa sobat dapatkan lebih lengkap pada bab awal buku The Book of SEO, yaitu pada bab INSIGHT.

Seru? Atau malah sudah mulai Ngebul? ^_^

Tenang, ini masih bab awal lho dari buku The Book of SEO. Masih ada 3 bab besar lain yang bakal seru jika sobat baca dan pelajari.

buku the book of SEO karya Rianto Astono
buku the book of SEO karya Rianto Astono

Pada bab-bab selanjutnya, penulis mengulas materi seputar Onpage SEO. Apa saja faktor yang sobat perlukan untuk praktek ilmu SEO secara mendalam?

Beberapa hal krusial yang dibahas di dalam bab Onpage SEO ini ialah pembahasan mengenai perlengkapan website dan konten website.

Dua faktor besar ini sangat mendukung keberhasilan praktek ilmu SEO.

Apa saja perlengkapan website yang diperlukan? Dalam buku ini disebutkan dua elemen penting, yaitu domain dan hosting.

Apa itu domain? Dan apa itu hosting?

Singkatnya, domain itu ibarat alamat rumah atau alamat toko sobat sekalian. Sedangkan hosting ialah luas tanah dan bangunan dari rumah atau toko sobat.

Bagaimana tips-tips memilih domain yang baik?

Di mana hosting yang bagus untuk mendukung performa website?

Semua itu dijabarkan secara mendetail oleh penulis dalam bab tersebut.

Bagian penting berikutnya ada penjelasan mengenai riset kata kunci atau keyword dan konten website.

Penjelasan mengenai bisnis online harus punya website jangan ditelan mentah-mentah ya. Lalu apakah setelah membuat website, bisnis online atau blog anda bisa langsung ramai pengunjung dalam sekejap?

Tentu tidak..

Akan ada perjuangan di dalamnya, dua bagian besarnya ialah dalam melakukan riset keyword dan mengelola konten website.

Konten website pun harus memiliki kualitas tinggi, dilakukan secara rutin dan konsisten. Rianto Astono sudah mengulas secara mendalam pada dua bab yang terpisah (riset keyword dan konten).

Bagaimana tips atau cara melakukan riset kata kunci yang sesuai dengan minat atau bisnis anda?

Tools atau alat pendukung apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan riset kata kunci?

Dan hal-hal detail lainnya sudah dipaparkan dalam bab riset kata kunci di buku The Book of SEO. Sampai paparan mengenai perkembangan algoritma Google pun dijelaskan di dalam buku ini, mulai dari Google Panda hingga algoritma Google Hummingbird.

Buku The Book of SEO ini untuk siapa?

Menurut pandangan saya, buku ini bagus dibaca semua orang yang tertarik menjalankan bisnis dalam jangka panjang dengan berbagai produk maupun jasa.

Selain itu, bisa digunakan juga oleh para blogger. Bagaimana tips untuk menemukan konten yang bagus dan berbobot untuk ditulis di blog pribadinya.

Semua itu dikombinasikan dengan ilmu SEO, tentu hasilnya akan lebih bagus. Baik dari segi traffic atau kunjungan dan dari segi pemanfaatan traffic tersebut (cara monetize website).

Dua bab besar berikutnya yang bisa sobat baca, yaitu pembahasan mengenai offpage SEO dan informasi penting lainnya seputar dunia SEO, sampai “aliran kepercayaan dalam dunia SEO”, aliran putih dan hitam. Isinya komplit banget.

Cukup banget untuk membuat ngebul otak newbie seperti saya.

 

Cukup banget membuat saya mikir bagaimana mengaplikasikan ilmu ini ke dalam website-website saya.

 

Cukup membuat saya berpikir, bagaimana cara saya supaya bisa memberikan konten yang bermutu kepada para pengunjung?

Penilaian secara menyeluruh, buku The Book of SEO karya Rianto Astono memberikan struktur yang mendalam tentang berbagai unsur dalam ilmu SEO. Saat dibaca, sobat tidak akan merasa berat karena disusun dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dicerna.

Dan enaknya buku The Book of SEO ini berbentuk buku fisik, sehingga memudahkan saya saat mau refresh dan mengulang kembali materi yang ada di dalam buku ini.

Buku The Book of SEO tidak akan sobat jumpai di toko buku konvensional. Buku ini hanya dijual secara online. Untuk mendapatkannya, sobat bisa kunjungi info lengkapnya disini.

Bagi yang sudah mendalami ilmu SEO, sudah ahli, maupun baru akan mulai, buku The Book of SEO layak menjadi pendamping untuk memperkaya wawasan mengenai ilmu SEO.

Demikian, rangkuman saya mengenai buku The Book of SEO. Semoga berkenan dan ada manfaatnya buat para pengunjung Blog Kajian Bisnis.

 

 

Credit photo to my lovely wife: Yus Rizki

 

Regards,

-Anton

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *